Implementasi Nilai-nilai Pancasila pada Mahasiswa sebagai Agent of Change

 


Implementasi Nilai-nilai Pancasila Pada Mahasiswa sebagai Agent of Change 


        Bangsa Indonesia telah menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan pandanagn hidup dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini juga ditegaskan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada alinea ke-4 bahwa bangsa Indonesia memiliki dasar dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia yang terdiri atas lima sila. Nilai-nilai Pancasila tersebut harus dihormati dan dijunjung tinggi oleh seluruh rakyatnya. 

        Masa depan bangsa berada ditangan generasi muda. Generasi muda itu adalah kita para pelajar atau mahasiswa. Generasi muda merupakan pondasi suatu bangsa. Mahasiswa yang ingin menjadi  Agent of Chage (agen perubahan) harus dapat menerapkan, mengamalkan, dan menjalankan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup dalam kehidupaan bermasyarakat. Sebagai agen perubahan, mahasiswa diharapkan mampu mewujudkan cita-cita bangsa dalam memajukan Indonesia menjadi lebih baik lagi. 

        Implementasi Pancasila sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang mahasiswa yang memiliki peran sebagai 'Agent Of Change', Mahasiswa harus dapat menerapkan dan menjalankan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam masyarakat dan kehidupan akademik. Selain itu siswa juga diharapkan tetap melatih dirinya menjadi pribadi-pribadi yang memiliki intelektual luas, kreatif, percaya diri, inivatif, dan memiliki hubungan sosial yang baik dan semangat tinggi untuk berkontribusi dalam masyarakat, bangsa dan negara. 

        Sebagai mahasiswa tentunya memiliki lingkungan yang tepat untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, karena mahasiswa berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Implementasi nilai-nilai Pancasila yang dapat dilakukan yaitu :

  1.  Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Mana Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing dan meningkatkan sikap saling toleransi sesama siswa.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Mengembangkan sikap tenggang rasa. Dan mahasiswa harus berani membela kebenaran dan keadilan.
  3. Mahasiswa harus memiliki jiwa Nasionalisme yang ditujukan untuk menciptakan rasa mencintai tanah air, bangsa, dan negara, serta dapat menjalin rasa kebersamaan antar mahasiswa. 
  4. Sebagai mahasiswa, kita harus mengedepankan sikap suka bermusyawarah ketika ingin mengambil keputusan bersama dan bijak dalam mengutarakan pendapat agar dapat menghasilkan keputusan yang baik, serta mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
  5. Mahasiswa harus mampu bersikap adil terhadap sesama. Menghormati hak-hak orang lain. Menolong sesama dan menghargai orang lain. 
        Jadilah mahasiswa yang unggul, berwawasan luas, berpendidikan tinggi, inovatif, kreatif, serta memiliki attitude yang baik agar menjadi mahasiswa sebagai Agent of Change terhadap Indonesia yang lebih baik lagi sehingga melahirkan SDM yang unggul. 

Komentar